Senin, 01 Agustus 2022 16:01

Selenggarakan Capacity Building, BPMP Provinsi Kalimantan Barat Bertekad Tingkatkan Kinerja dan Kerja Sama Tim

Written by
Rate this item
(1 Vote)

Singkawang, 29 Juli 2022

Keluarga besar Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) Provinsi Kalimantan Barat menyelenggarakan Capacity Building bagi seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Pegawai Pemerintah Non Pegawai Negeri (PPNPN). Kegiatan dilaksanakan di Dayang Resort, Singkawang pada 28-30 Juli 2022.

 

Tema Capacity Building 2022 adalah Bermain Bersama, Berbahagia Bersama, Bersama Kita Bisa. Kegiatan diselenggarakan dalam bentuk permainan berkelompok di dalam dan luar ruang. Sifatnya suka cita bersama dengan riang.

 

Pada hari pertama pelaksanaan, kepala BPMP Provinsi Kalimantan Barat, Iwan Kurniawan, S.Si, M.Si membuka kegiatan dalam suasana keakraban dan kekeluargaan. Dalam sambutannya yang digelar secara lesehan, kepala BPMP mengungkapkan kegiatan ini adalah upaya penguatan kapasitas staf dalam mendukung kekompakan, solidaritas, kekeluargaan sebagai representasi aktivitas dalam pekerjaan.

 

Penguatan materi yang dikemas dalam kerja kelompok dipimpin langsung oleh kepala BPMP berdasarkan intisari penting dari buku "Check Point" karya Pramudianto. Dalam pemaparannya, terdapat 5 tantangan di masa depan yang harus ditaklukkan oleh setiap lembaga melalui kolaborasi dan kerja sama.

 

Tantangan yang dimaksud adalah: (1) globalisasi, (2) pertumbuhan, (3) perkembangan teknologi, (4) modal intelektual, (5) perubahan. Lima aspek tantangan ini menjadi penting sebagai penegasan bahwa setiap lembaga/institusi selayaknya mampu mengevaluasi kelebihan dan kekurangan yang selanjutnya dijadikan strategi dan rencana aksi yang lebih terukur serta mumpuni.

 

Di hari kedua, seluruh kegiatan capacity building keluarga besar @bpmpkalbar dilakukan di luar ruang (outbond). Diawali dengan senam Zumba pada pagi hari, outbond digelar hingga sore di Dusun Dayang area Tok Ali. Berbagai tema outbond seperti: samurai, harga diri, people to people, lilin kehidupan, escape from Alcatraz, kata Simon, kuda dan kandang kuda adalah permainan yang wajib diikuti oleh seluruh peserta.

 

Seluruh permainan outbond ini sejatinya menggambarkan nilai-nilai kebersamaan dalam keberagaman. Nilai-nilai persamaan dalam perbedaan. Nilai-nilai persatuan dalam kebhinekaan. Nilai-nilai ini menjadi pengingat sekaligus penyemangat bagaimana seluruh tim kerja selayaknya bisa mengontrol diri, mengelola emosi dan selalu berkinerja tinggi sebagaimana komitmen yang telah dibuat serta disepakati.

 

Puncak acara ditutup melalui pentas seni dan budaya. Seluruh aksi diinisiasi dan diisi oleh seluruh karyawan BPMP. Ada nyayian, ada pengumuman pemenang, ada pembagian hadiah dalam berbagai kategori yang dilombakan. Canda tawa, bahagia bersama, suka cita telah kita rajut bersama. Saatnya membuktikan dengan peningkatkan kinerja, prestasi dan karya.

 

Harapan terbesar dari Capacity Building ini adalah terciptanya transformasi budaya kerja yang prima. Sebagaimana arahan kepala BPMP yang selaras dengan isi pokok buku Check Point yaitu jika suatu organisasi mampu melakukan dan mengikuti perubahan itu sendiri, bisa dipastikan organisasi tersebut mampu berselancar di atas perubahan.

 

Program dan kegiatan berikutnya sudah menunggu. Tidak banyak waktu bagi kami untuk turut andil dalam peningkatan mutu. Mutu pendidikan yang senantiasa kami kawal dan tingkatkan selalu. Keluarga besar @bpmpkalbar bersemangat dan siap beradaptasi untuk segera mewujudkan harapan itu.

 

Maju Bersatu, Pendidikan Bermutu.

 

#BPMPKalbar #CiptakanInovasi #PertahankanWBK #RaihWBBM #BPMPKalbarMenujuWBBM #WilayahBersihBebasMelayani #PendampinganZIWBK #CapacityBuilding

#kemendikbudristek #BPMP #unitlayananterpadu #LembagaPenjaminanMutuPendidikan #gurupenggerak #PendidikanProfesiGuru #sertifikasiguru

Read 240 times Last modified on Senin, 01 Agustus 2022 16:30

Leave a comment

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.