Selasa, 26 Juli 2022 10:55

Kunjungan Kerja Kepala BPMP Provinsi Kalimantan Barat Tinjau Persiapan Implementasi Kurikulum Merdeka di Kabupaten Sekadau

Written by
Rate this item
(0 votes)

Sekadau, BPMP Prov. Kalbar. Kepala BPMP Provinsi Kalimantan Barat, Iwan Kurniawan, S.Si, M.Si melanjutkan kunjungan kerja ke kabupaten Sekadau pada 21-22 Juli 2022. Dalam lawatannya ke kabupaten Sekadau, kepala BPMP Provinsi Kalimantan Barat melakukan audiensi ke kantor bupati, dinas pendidikan dan kebudayaan dan kunjungan ke beberapa sekolah yang telah mengimplementasikan Kurikulum Merdeka.

 

Bupati Sekadau, Aron, S.H menerima kunjungan kepala BPMP dengan didampingi plt. kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan kabupaten Sekadau, Paulus Ugang, S.A.P, M.M. Bupati Sekadau menyampaikan pemerintah daerah kabupaten Sekadau siap mendukung Implementasi Kurikulum Merdeka. Walaupun pada kenyataannya kabupaten Sekadau memiliki beberapa hambatan seperti kondisi geografis serta akses infrastruktur yang terbatas, semakin banyaknya guru yang akan memasuki masa pensiun sedangkan pengangkatan guru honorer tidak diperkenankan sehingga mengalami kekurangan guru yang cukup banyak, pengangkatan kepala dan pengawas sekolah serta permasalahan teknis dalam peningkatan mutu pendidikan di daerah.

 

Dari berbagai permasalahan yang dihadapi, Bupati Sekadau mengharapkan adanya fasilitasi dari UPT Kemdikbudristek yang ada di provinsi Kalimantan Barat dalam membantu mempersiapkan guru untuk IKM di kabupaten Sekadau. Bupati Sekadau menambhakan  jika upaya peningkatan mutu pendidikan harus dilakukan secara bersama antara pemerintah daerah, pemerintah pusat dan mitra pendidikan secara simultan serta berkelanjutan. 

.

Dalam kesempatan lain, kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan kabupaten Sanggau ketika menjamu kepala BPMP di ruang kerjanya menyampaikan apresiasi atas perhatian Kemendikbudristek melalui BPMP Provinsi Kalimantan Barat sebagai langkah advokasi, komunikasi dan koordinasi dalam IKM di kabupaten Sekadau. Dalam jamuan tersebut plt. kepala Disdikbud kabupaten Sekadau menuturkan pihaknya telah melaksanakan beberapa program terkait IKM, yaitu (1) sosialisasi kepada kepala sekolah tentang IKM, (2) mendorong komunitas pendidikan yang ada di kabupaten Sekadau untuk terlibat dalam IKM.

 

Sebagaimana yang dilakukan saat kunjungan kerja di Sintang, kepala BPMP Provinsi Kalimantan Barat juga menyempatkan meninjau langsung IKM di SDN 17 Mungguk dan PKBM Batu Bertulis.

Kepala BPMP menyampaikan mengenai kebebasan sekolah untuk mengimplementasikan Kurikulum Merdeka. JIka telah siap bisa segera mengimplementasikan, jika belum siap bisa menggunakan kurikulum sebelumnya. Kepala BPMP menambahkan bahwa dalam IKM tidak ada pelatihan atau bimbingan teknis secara berjenjang(cascading) bagi guru-guru. Namun para guru dapat belajar secara mandiri melalui Platform Merdeka Mengajar yang bisa diakses melalui akunbelajar.id.

 

#implementasikurikulummerdeka

#sekolahpenggerak

#platformmerdekamengajar

#merdekabelajar

#balaipenjaminanmutupendidikan

 

 

Read 279 times Last modified on Rabu, 27 Juli 2022 11:21

Leave a comment

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.