Senin, 18 Juli 2022 10:15

Penyusunan Instrumen Supervisi Mutu Pendidikan Provinsi Kalimantan Barat Tahun 2022

Written by
Rate this item
(0 votes)

Pontianak, 17 Juli 2022 - BPMP Kalimantan Barat - Peningkatan kualitas pendidikan sangat erat kaitannya dengan membangun kualitas pembelajaran yang sangat ditentukan oleh peran serta  seorang guru (tenaga pendidik). Walaupun guru bukan satu- satunya unsur yang berpengaruh dalam  dunia pendidikan, namun guru memegang peranan penting serta sebagai ujung tombak berhasil atau tidaknya suatu pendidikan. Dalam hal ini sangat perlu peran kepala sekolah dan seorang pengawas sekolah yang memiliki kemampuan untuk melakukan supervisi, sehingga bisa tercipta seorang guru yang berkualtas dalam bidangnya. Peran kepala   sekolah dan pengawas ini sangat erat kaitannya dalam keberhasilan terselenggaranya pendidikan sekolah yang bermutu dan berkualitas.

Pelaksanaan supervisi di bidang pendidikan merupakan salah satu upaya memastikan bahwa pelaksanaan proses pendidikan dapat berjalan dengan baik. Di tingkat satuan pendidikan, pengawas sekolah melakukan supervisi terhadap kepala sekolah binaan dan guru, dan kepala sekolah melakukan supervisi terhadap guru. Selama ini proses supervisi yang dilakukan oleh pengawas sekolah maupun kepala sekolah belum terdokumentasikan secara baik. Hal ini disebabkan proses dokumentasi masih dilakukan secara manual dan belum terintegrasi dalam satu sistem. Sehingga pihak pemangku kepentingan diantaranya dinas penddikan tidak dapat memantau pelaksanaan supervisi di tingkat satuan pendidikan.

BPMP Provinsi Kalimantan Barat akan membangun satu sistem yang dapat membantu pengawas sekolah dan kepala sekolah melakukan supervisi. Hasil supervisi nantinya dapat dipantau baik oleh pengawas sekolah, kepala sekolah, dinas maupun dari kementerian pendidikan dan kebudayaan dalam hal ini BPMP Provinsi Kalimantan Barat.

Tahap awal dalam membangun sistem aplikasi supervisi adalah dengan membuat kegiatan penyusunan instrumen supervisi mutu pendidikan. Dalam kegiatan ini, BPMP Provinsi Kalimantan Barat mengundang perwakilan pengawas sekiolah, dan kepala sekolah serta melibatkan staf fungsional di BPMP Provinsi Kalimantan Barat. Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 15 s.d. 17 Juli 2022 dan bertempat di BPMP Provinsi Kalimantan Barat.  Pada kegiatan ini peserta menyusun instrumen, berdiksusi dan memaparkan secara langsung hasil kerja kelompok. Instrumen supervisi mutu pendidikan ini nantinya akan dituangkan dalam bentuk aplikasi yang dapat dimanfaatkan bagi berbagai pihak.

Bapak Iwan Kurniawan, S.Si, M.Si, selaku Kepala Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) Provinsi Kalimantan Barat dalam sambutannya mengungkapkan bahwa hasil dari supervisi mutu pendidikan ini nantinya akan bermanfaat bagi pengawas sekolah dan kepala sekolah dalam melakukan perbaikan proses pembelajaran di sekolah. Selain itu pemangku kepentingan yaitu dari dinas pendidikan dan kebudayaan provinsi dan kabupaten/kota dapat mengevaluasi kinerja pengawas dan satuan pendidikan, sehingga dapat melakukan intevensi di bagian yang dianggap masih perlu pengembangan lebih lanjut. Dengan adanya hasil supervisi ini nantinya dapat membangun sinergisitas antara pengawas, kepala sekolah, guru dan tenaga kependidikan dalam meningkatkan kinerja satuan pendidikan sehingga proses pembelajaran di tingkat satuan pendidikan dapat lebih baik yang pada akhirnya mampu melahirkan lulusan yang berkualitas (DS).

Read 636 times Last modified on Selasa, 19 Juli 2022 10:18

Leave a comment

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.